*/

Minggu, 08 Maret 2015

SAP SATUAN ACARA PERKULIAHAN BAHASA ARAB II

S A P
(SATUAN ACARA PERKULIAHAN)

SEKOLAH TINGGI ISLAM (STAIN)
ZAWIYAH COT KALA LANGSA
SEMESTER GENAP/TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Kode Mata Kuliah                  : STA 2002
Bobot / Pertemuan                 : 2 SKS / 16 x 90 menit
Semester / Unit                       : II (dua) / 2 DAN 4
Tahun Akademik                    : Genap 2013-2014
Prasyarat                                 : -  
Standar Kompetensi               : Mahasiswa diharapkan mampu memahami grametika bahasa Arab dasar dan memiliki kemampuan menerapkan tata bahasa
  tersebut dengan terampil dalam menjalankan proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Arab.
Dosen                                      : Hatta Sabri, M.Pd.

Pertemuan
Materi Kuliah
Indikator Hasil Belajar
Agenda Kegiatan
Metode
Penilaian
1
موافقة على خطة تدريس
Mahasiswa mengetahui dan memahami tujuan perkuliahan, strategi perkuliahan dan sistem evaluasi perkuliahan
-        Menjelaskan deskripsi mata kuliah
-        Mendiskusikan silabus perkuliahan
-        Munaqasyah
-        Al-asilah wa al-Ajwibah
-
2
الدرس الرابع عشر:
يَقْرَأُ الوَلَدُ القُرْآنَ

Mahasiswa memahami secara teori (fi’il, fa’il dan maful) dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Latihan
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata
-        Memahami Makna Bacaan
3
الدرس الخامس عشر والسادس عشر:
يقرأ الولد القرآن فى المسجد
يَقْرَأُ الوَلَدُ القُرْآنَ صَبَاحًا
Mahasiswa memahami secara teori (jumlah fi'liyyah, yang meliputi jar majrur dan zharaf zaman) dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
4
الدرس السابع عشر:
الوَلَدُ يُرِيْدُ أَنْ يَقْرِأُ القُرآنَ

Mahasiswa memahami secara teori (jumlah ismiyah, yang meliputi huruf nashab fiil mudhari’, dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
5
مراجعة  1

-         
-         
-         
6
الدرس الثامن عشر:
قرأ الولد القرآن أمس
-        Mahasiswa memahami secara teori  jumlah fi’liyah bentuk fiil madhi) dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
7
الدرس التاسع عشر والعشرون:
سَيَقْرَأُ الوَلَدُ القرآن غَدًا
لَمْ يَقْرَأ الوَلَدُ القرآن
-        Mahasiswa memahami secara teori (jumlah fi'liyyah/fiil mudhari’ didahului siin, yang meliputi zharaf zaman) dan huruf yang menjazam fiil mudhari’
-        Mahasiswa mampu berbahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
8
الدرس الحادى والعشرون:
إِقْرَأ القرآن يَاوَلَدُ
إِقْرَئِي القرآن بافاطِمَةُ
-        Mahasiswa memahami secara teori (Fi’il Amar),  
-        Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
9
الدرس الثانى والعشرون:
ولد-أولاد-مدرسون-مدرسات
-        Mahasiswa memahami secara teori (جمع لعاقل وغير عاقل),  
-        Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
10
مراجعة 2
-         
-         
-         
-         
11
الدرس الثالث والعشرون:
هم حاضرون
-        Mahasiswa memahami secara teori tentang dhamir mufrad dan jama’ sebagai marfu’, mubtada’ atau majrur  
-        Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami dan Membuat Kalimat
12
الدرس الرابع والعشرون:
يحضر الضيوف-الضيوف حضر
حضر الضيوف–الضيوف حضروا
-        Mahasiswa memahami secara teori dan praktek tentang  fiil madhi dan mudhari yang mubtada’nya muzakkar dan muannas  
-        Menjelaskan materi pokok.
-        Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
-        Al- Qiraah’
-        Al-Qawaid’ wa tarjamah
-        Al-Hiwar
-        Al-Asilah wa al-Azwibah
-        Kemampuan Membaca
-        Memahami Kata (setoran)
-        Memahami Makna Bacaan
-        Membuat Kalimat
13
مراجعة 3
-         
-         
-         
-         
14
الدرس الخامس والعشرون:
أنتم تحضرون – أنتم حضرتم
-         
-         
-         
-         
15
مراجعة الدروس السابقة
-         
-         
-         
-         
16
إمتحان النهائية
-         
-         
-         
-         
                       

Referensi :
1.     Institute Agama Islam Negeri Syarif Hidayahtullah,  ,العربيّة با النماذجJakarta, 2001

1 komentar: