S A P
(SATUAN ACARA PERKULIAHAN)
SEKOLAH TINGGI ISLAM (STAIN)
ZAWIYAH COT KALA LANGSA
SEMESTER GENAP/TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Kode Mata Kuliah :
STA 2002
Bobot / Pertemuan : 2 SKS / 16 x 90 menit
Semester / Unit :
II (dua) / 2 DAN 4
Tahun Akademik :
Genap 2013-2014
Prasyarat : -
Standar Kompetensi : Mahasiswa diharapkan mampu memahami grametika bahasa Arab dasar dan memiliki kemampuan
menerapkan tata bahasa
tersebut dengan
terampil dalam menjalankan proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Arab.
Dosen : Hatta
Sabri, M.Pd.
Pertemuan
|
Materi Kuliah
|
Indikator Hasil Belajar
|
Agenda Kegiatan
|
Metode
|
Penilaian
|
1
|
موافقة على خطة تدريس
|
Mahasiswa
mengetahui dan memahami tujuan perkuliahan, strategi perkuliahan dan sistem
evaluasi perkuliahan
|
-
Menjelaskan deskripsi mata kuliah
-
Mendiskusikan silabus perkuliahan
|
-
Munaqasyah
-
Al-asilah wa
al-Ajwibah
|
-
|
2
|
الدرس الرابع عشر:
يَقْرَأُ الوَلَدُ القُرْآنَ
|
Mahasiswa
memahami
secara teori (fi’il, fa’il dan maful) dan memilki
kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan
(kitabah) tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab
tentang materi (bahan ajar)
-
Latihan
|
-
Al-
Qiraah’
-
Al-Qawaid’
wa tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata
-
Memahami Makna Bacaan
|
3
|
الدرس الخامس عشر والسادس عشر:
يقرأ الولد القرآن فى المسجد
يَقْرَأُ الوَلَدُ القُرْآنَ صَبَاحًا
|
Mahasiswa
memahami
secara teori (jumlah fi'liyyah, yang meliputi jar majrur dan zharaf zaman) dan
memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan
tulisan (kitabah) tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab
tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al-
Qiraah’
-
Al-Qawaid’
wa tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
4
|
الدرس السابع عشر:
الوَلَدُ يُرِيْدُ أَنْ يَقْرِأُ القُرآنَ
|
Mahasiswa
memahami
secara teori (jumlah ismiyah, yang meliputi huruf nashab fiil
mudhari’, dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah
wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
5
|
مراجعة 1
|
|
-
|
-
|
-
|
6
|
الدرس الثامن عشر:
قرأ الولد القرآن أمس
|
-
Mahasiswa memahami secara teori jumlah fi’liyah bentuk fiil madhi)
dan memilki kemampuan bahasa secara praktis melalui lisan (qiraah wa
kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
7
|
الدرس التاسع عشر والعشرون:
سَيَقْرَأُ الوَلَدُ القرآن غَدًا
لَمْ يَقْرَأ الوَلَدُ القرآن
|
-
Mahasiswa memahami secara teori (jumlah
fi'liyyah/fiil mudhari’
didahului siin, yang meliputi zharaf zaman) dan huruf
yang menjazam fiil mudhari’
-
Mahasiswa mampu berbahasa secara
praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah) tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
8
|
الدرس الحادى والعشرون:
إِقْرَأ القرآن يَاوَلَدُ
إِقْرَئِي القرآن بافاطِمَةُ
|
-
Mahasiswa memahami secara teori (Fi’il
Amar),
-
Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa
secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah)
tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
9
|
الدرس الثانى والعشرون:
ولد-أولاد-مدرسون-مدرسات
|
-
Mahasiswa memahami secara teori (جمع لعاقل وغير
عاقل),
-
Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa
secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah)
tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
10
|
مراجعة 2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
الدرس الثالث والعشرون:
هم حاضرون
|
-
Mahasiswa memahami secara teori tentang
dhamir mufrad dan jama’ sebagai marfu’, mubtada’ atau majrur
-
Mahasiswa memiliki kemampuan bahasa
secara praktis melalui lisan (qiraah wa kalam) dan tulisan (kitabah)
tentang:materi.
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami dan Membuat Kalimat
|
12
|
الدرس الرابع والعشرون:
يحضر الضيوف-الضيوف حضر
حضر الضيوف–الضيوف حضروا
|
-
Mahasiswa memahami secara teori dan
praktek tentang fiil madhi dan
mudhari yang mubtada’nya muzakkar dan muannas
|
-
Menjelaskan materi pokok.
-
Berdiskusi dan tanya jawab tentang materi (bahan ajar)
|
-
Al- Qiraah’
-
Al-Qawaid’ wa
tarjamah
-
Al-Hiwar
-
Al-Asilah wa al-Azwibah
|
-
Kemampuan Membaca
-
Memahami Kata (setoran)
-
Memahami Makna Bacaan
-
Membuat Kalimat
|
13
|
مراجعة 3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14
|
الدرس الخامس والعشرون:
أنتم تحضرون – أنتم حضرتم
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
مراجعة الدروس السابقة
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
إمتحان النهائية
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Referensi :
1. Institute
Agama Islam Negeri Syarif Hidayahtullah, ,العربيّة با النماذجJakarta, 2001
izin copas ya Jazakumullah khayran
BalasHapus