SILABUS BAHASA ARAB II
I.
Identitas Mata
Kuliah
Mata Kuliah : Bahasa Arab II
Kode Mata Kuliah : 6013
Jumlah SKS : 2 SKS
Jurusan/Prodi : Tarbiyah / Pendidikan Bahasa Inggris
Semester :
II (Dua) / Genap
Prasyarat : Bahasa Arab I
Tahun Akademik : Genap 2014-2015
Dosen :
Hatta Sabri, M.Pd
II.
Deskripsi Mata
Kuliah:
Mata kuliah ini merupakan sebuah mata
kuliah lanjutan yang memberikan wawasan tentang grametika bahasa Arab dasar yang
mencakup kemahiran membaca dan menulis. Melalui mata kuliah ini, para mahasiswa
diharapkan memiliki keterampilan dalam memahami teks bahasa Arab dan kemampuan dalam
menganalisa grametika Bahasa Arab, serta membuat kalimat sederhana dengan tata
bahasa atau grametika yang baik dan benar.
III.
Tujuan Perkuliahan
Agar mahasiswa memahami grametika bahasa
dan memiliki kemampuan menerapkan tata bahasa Arab dengan terampil dalam
menjalankan proses pembelajaran Bahasa Arab.
Mahasiswa memahami, menganalisis kalimat
Arab dengan tata bahasa yang baik dan benar.
Mahasiswa mampu menggunakan Bahasa Arab
secara aktif dengan kaidah dan tata bahasa yang baik dan benar
IV.
Pendekatan Perkuliahan
Untuk mencapai tujuan pembelajaran
tersebut, mata kuliah ini menggunakan beberapa strategi. Pertama,
menggunakan SLOPE Strategi (Searching, Learning, Organizing, Presenting, and
Evaluating), Kedua strategi active learning, dan Kontekstual Learning (tugas-tugas
yang menekankan pada keterampilan menyusun tes).
Metode perkuliahan Tariqah
al-Intiqaiyyah (Eclectic Method), meliputi: ceramah interaktif, diskusi
(diskusi kelompok, diskusi kelas dan luar kelas), tanya jawab, Tadribaat (drill),
Tajribi (Eksperimen).
Pendekatan perkuliahan tersebut akan
dipergunakan secara sinergi untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
V.
Topik Inti
Perkuliahan
1. Fiil, Fail dan Maf’ul Bih.
2. Mufrad, Musanna, Jamak
3. Jumlah Ismiyah dan Jumlah
Fi’liyah
4. Mubtada’ khabar, Mudhaf
mudhafun ilaih
5. Zharaf makan dan zharaf zaman
6. Fiil madhi, mudhari’ dan Amar
7. Fi’il Mudhari’ yang marfu’
dan manshub
8. adh-dhamair al-marfu’ wa
al-majrur
9. Huruf jazam
10. Mufrad, Mutsanna dan Jama’
11. Huruf Inna dan Saudaranya
12. Huruf Kanaa dan Saudaranya
13. Asmaul Khamsah
VI.
Evaluasi
Penilaian hasil belajar mahasiswa dihitung berdasarkan
akumulasi dari hasil evaluasi aspek-aspek berikut:
1. Presensi (10 %)
2. Presentasi (50 %) / Keaktifan dalam proses pembelajaran, mencakup :
a.
Kemampuan Teoritis:
1)
Memahami Materi Perkuliahan
10 %
b.
Kemampuan Praktis:
1) Kemampuan Membaca /Kudrah Fi al-Qiraah 10 %
2) Kemampuan Memahami Makna Kata / Kudrah fi Ma’rifati Ma’anil
Mufradat 10 %
3) Kemampuan Membuat Kalimat Sesuai Tata Bahasa / Kudrah Fi
Shan’il Jumlah Minal Amsilah/Qawaid 10 %
4) Kemampuan Menterjemah / Kudrah Fi at-Tarjamah 10%
3.
Tugas Pribadi (10 %), mencakup:
Kemampuan menyelesaikan Tugas Latihan
4. Ujian Tengah Semester (15 %).
5. Ujian Akhir Semester (15 %).
VII. Sumber Bacaan
المراجع
العربية
Langsa, 14 Februari 2015
Dosen
Hatta Sabri, M.Pd
izin paste ya buat panduan ngajar
BalasHapusAhlan...semoga bermanfaat
BalasHapus