*/

Minggu, 08 Maret 2015

SILABUS BAHASA ARAB II

                                                 SILABUS BAHASA ARAB II
 
I.        Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                    : Bahasa Arab II
Kode Mata Kuliah           : 6013
Jumlah SKS                     : 2 SKS
Jurusan/Prodi                  : Tarbiyah / Pendidikan Bahasa Inggris
Semester                          : II (Dua) / Genap
Prasyarat                          : Bahasa Arab I
Tahun Akademik             : Genap 2014-2015
Dosen                               : Hatta Sabri, M.Pd

II.      Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini merupakan sebuah mata kuliah lanjutan yang memberikan wawasan tentang grametika bahasa Arab dasar yang mencakup kemahiran membaca dan menulis. Melalui mata kuliah ini, para mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam memahami teks bahasa Arab dan kemampuan dalam menganalisa grametika Bahasa Arab, serta membuat kalimat sederhana dengan tata bahasa atau grametika yang baik dan benar.
III.    Tujuan Perkuliahan
Agar mahasiswa memahami grametika bahasa dan memiliki kemampuan menerapkan tata bahasa Arab dengan terampil dalam menjalankan proses pembelajaran Bahasa Arab.
Mahasiswa memahami, menganalisis kalimat Arab dengan tata bahasa yang baik dan benar.
Mahasiswa mampu menggunakan Bahasa Arab secara aktif dengan kaidah dan tata bahasa yang baik dan benar
IV.    Pendekatan Perkuliahan
Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, mata kuliah ini menggunakan  beberapa strategi. Pertama, menggunakan SLOPE Strategi (Searching, Learning, Organizing, Presenting, and Evaluating), Kedua strategi active learning, dan Kontekstual Learning (tugas-tugas yang menekankan pada keterampilan menyusun tes).
Metode perkuliahan Tariqah al-Intiqaiyyah (Eclectic Method), meliputi: ceramah interaktif, diskusi (diskusi kelompok, diskusi kelas dan luar kelas), tanya jawab, Tadribaat (drill), Tajribi (Eksperimen).
Pendekatan perkuliahan tersebut akan dipergunakan secara sinergi untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
V.      Topik Inti Perkuliahan
1.     Fiil, Fail dan Maf’ul Bih.
2.     Mufrad, Musanna, Jamak
3.     Jumlah Ismiyah dan Jumlah Fi’liyah
4.     Mubtada’ khabar, Mudhaf mudhafun ilaih
5.     Zharaf makan dan zharaf zaman
6.     Fiil madhi, mudhari’ dan Amar
7.     Fi’il Mudhari’ yang marfu’ dan manshub
8.     adh-dhamair al-marfu’ wa al-majrur
9.     Huruf jazam
10.  Mufrad, Mutsanna dan Jama’
11.  Huruf Inna dan Saudaranya
12.  Huruf Kanaa dan Saudaranya
13.  Asmaul Khamsah
    
VI.    Evaluasi

Penilaian hasil belajar mahasiswa dihitung berdasarkan akumulasi dari hasil evaluasi aspek-aspek berikut:
1.     Presensi (10 %)
2.     Presentasi (50 %) / Keaktifan dalam proses pembelajaran, mencakup :
a.      Kemampuan Teoritis:
1)     Memahami Materi Perkuliahan 10 %
b.     Kemampuan Praktis:
1)      Kemampuan Membaca /Kudrah Fi al-Qiraah  10 %
2)      Kemampuan Memahami Makna Kata / Kudrah fi Ma’rifati Ma’anil Mufradat 10 %
3)      Kemampuan Membuat Kalimat Sesuai Tata Bahasa / Kudrah Fi Shan’il Jumlah Minal Amsilah/Qawaid 10 %
4)      Kemampuan Menterjemah / Kudrah Fi at-Tarjamah 10%
3.     Tugas Pribadi (10 %), mencakup:
Kemampuan menyelesaikan Tugas Latihan
4.     Ujian Tengah Semester (15 %).
5.     Ujian Akhir Semester (15 %).


VII. Sumber Bacaan
المراجع العربية
Langsa, 14 Februari 2015
Dosen


Hatta Sabri, M.Pd






2 komentar: